Home > My Life, Travel > Jalan jalan ke Singapore

Jalan jalan ke Singapore

Sudah lama saya memimpikan jalan2 ke Singapore. Padahal hitungan jarak cukup dekat. Tinggal nyediain waktu saja biar puas pas lagi di sana. Dan biaya yang cukup menggerogoti dompet, mengingat tiket pesawat dan penginapan yang cukup mahal.

Searching2 informasi, akhirnya saya dan istri memutuskan untuk berangkat hari minggu. Alasannya memang kita tidak mau berada di sana pas weekend, yang bisa jadi bakal rame turis.

Cari tiket pesawat dari traveloka, dapat tiket pulang pergi berdua di kisaran 2 jutaan. Kemudian untuk penginapan, kita memilih hotel Fragrance yang berada di kawasan bugis. Pertimbangannya karena lokasi yang berada di pusat kota, jadi gampang mau kemana2. Untuk reservasi hotel, mudahnya bisa melalui agoda.

Berangkat dari bandara Soekarno Hatta ke Changi dengan pesawat Tiger Air. Tiba disana, kita langsung beli SIM card lokal biar bisa internetan dan komunikasi bila diperlukan. Kalau buat saya SIM card ini buat jaga2 aja, karena di hotel sudah tersedia wifi. Nah, kalo buat istri kepake banget, soalnya tiap nyampe di lokasi mana langsung di tag dah itu tempat, dan tak lupa foto2 selfie🙂

changi2

Kemudian ke hotel, perjalanan kita tempuh melalui MRT. Dari Changi turun di stasiun Bugis, dan setelah nya tinggal jalan kaki sekitar 200 meter. Oh iya, kalo di Singapore ini berasa banget kemana2 harus siap jalan kaki. Karena transportasi yang kita pilih adalah kereta. Mungkin kalo naik taxi lebih enak kali yaa. Tapi lumayan kok, karena udara di Singapore cukup lega, alias gak banyak polusi. Jadi mau jalan atau lari2 sekalipun tetap segarr.

Ok, talk about hotel Fragrance. Kita ambil kamar dengan single bed ukuran king size, untuk 3 hari 4 malam dengan biaya sekitar 3 jutaan. Lokasi, di kawasan Bugis dekat dengan Bugis Junction dan pasar Bugis Street yang terkenal untuk cari suvenir dengan harga murah. Fasilitas cukup lumayan, wifi, tv kabel, but no breakfast.

Hari pertama memang tidak direncanakan untuk jalan2 jauh. Jadi kita hanya muter2 di kawasan Bugis saja. Nah yang bingung pas cari makan. Karena itu kawasan mall, otomatis harga nya cukup mahall2. Berhubung males mau muter2 lagi, akhirnya kita makan di resto fast food dengan cost 43 sgd berdua. Wah, cukup sekali saja deh.

fragrance

Selesai makan, jalan lagi .. malah nemu warung makanan muslim / melayu yang lumayan murah. Akhirnya dan seterus nya, kita makan selalu disitu. Harga nya lumayan lah, berdua habis sekitar 10-12 sgd. Kalo malam, kadang warung itu nyediain nasi bungkus dengan lauk ayam atau telor + teri, dengan harga per bungkus nya 2.5 sgd. Murah kan🙂

Di Singapore, kemana aja? Sebenarnya kita udah baca2 info dan tips berwisata murah alias gratis. Tapi saya pikir sudah jauh2 ke sini, belum tentu kesini lagi sekalian aja. Hari kedua, pagi nya kita main2 ke Garden by the Bay. Sebuah taman buatan yg terletak di sekitar kawasan Marina Bay. Disitu jalan2 dan foto2. Tadi nya mau naik ke jembatan tapi ada jam nya, dan karena kepagian belum buka. Dan kita juga baru tahu bahwa kalo malam, lampu2 nya dinyalakan dan membuat taman semakin cantik. Tapi yaa, males juga ke taman malam2 gitu. Di kawasan yg sama juga terdapat 2 dome atau kubah yang berisi tanaman2 pilihan. Lagi2 karena kepagian kedua dome itu juga belum buka, hmmphhh…

gardenbay8

Dari situ kita lanjut ke Singapore Flyer, sebuah wahana semacam roda raksasa yang membawa kita berputar selama 30 menit. Karena letaknya yang tinggi dan ukurannya yang besar, kita bisa menyaksikan keliling Singapore dari dalam kapsul. Untuk menikmati wahana ini, kita harus merogoh kocek 33 sgd per orang. Sikatttt !!

Kemudian kita balik ke hotel buat istirahat sejenak. Sebelum lanjut ke tujuan berikut nya: the infamous Merlion statue.

merlion3

Di sana kita cuman foto2 sebentar, lalu bingung mau ngapain yaa. Nah, di sepanjang jalan menuju Merlion, kita perhatikan ada sungai besar yang membelah Singapore dan tiap beberapa titik ada pos (quay) untuk naik ke perahu untuk menikmati wahana Singapore River Cruise .. petualangan menelusuri sungai. Untuk wahana ini, kita harus merogoh kocek sebesar 20 sgd (persis nya berapa lupa juga).  Lumayan, karena rute yang diambil melewati beberapa landmark di Singapore.

river5

Setelah itu malam nya, kita menuju ke Sands Skypark di Marina Bay Sands, untuk menikmati view Singapore dari ketinggian lantai 56. Tiket masuk skypark sekitar 20 sgd per orang, cukup layak menurut saya karena kita bisa menikmati view berupa kota Singapore di malam hari dengan lampu2 nya yang cantik.

marina1

Pokok nya hari itu puas banget deh, karena sudah muter2 berbagai tempat dan mencoba berbagai wahana.

Hari berikutnya baru terasa badan remuk redam🙂

Nah, hari ini kita pilih untuk jalan ke Sentosa Island, sebuah pusat rekreasi dimana kita bisa temukan Universal Studio yang terkenal, SEA World dan berbagai wahana dan atraksi lainnya.

sentosa3a

Kita memilih untuk tidak masuk Universal Studio, karena asumsi nya kayak Dufan di Ancol. Jadi di sini kita cuman jalan2 ke SEA World, lihat ikan2. Masih banyak sebenarnya yang ingin dilihat dan dicoba di Sentosa Island. Namun rasa lelah yang belum reda akibat petualangan di hari sebelumnya, membuat kita memutuskan untuk mengakhiri jalan2 dan kembali ke hotel. Malam nya istri ngajak jalan ke Bugis Street untuk cari oleh2.

Jalan2 yang cukup berkesan. Yang kita suka suasana nya yang bersih, teratur dan berbeda dari tanah air. Maybe next time, we will come back? We’ll see yaa🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: