Home > Investasi > IHSG Tembus 4000?

IHSG Tembus 4000?

Sudah lama banget rasanya aku gak nulis2 lagi di blog ini. Memang susah kalau nulis ngikutin mood, saat mood lagi jelek2nya.. otak jadi blank, bahkan sempet lupa kalau punya blog🙂

Selain bad mood yg menjadi penyebab, ada hal lain yg belakangan ini lagi ku tekuni. Yap, aku lagi getol2nya belajar (reksadana) saham. Sengaja aku pake tanda kurung, karena memang awal-nya dimulai dari reksadana.

Sebenarnya aku udah pernah ikut program unitlink, yang diterbitkan salah satu perusahaan asuransi bekerja sama dengan Manager Investasi yg cukup oke. Mulai inves dari tahun 2004.. dan pas tahun 2008 terjadi krisis subprime-mortgage di Amrik yg berimbas ke pasar modal di Indo juga, menyebabkan kerugian unitlink yg kupunya sampe sekitar 4 juta.

(masih) Untung, pada saat itu aku tengah mengajukan proses KPR, sehingga aku ngerasa lebih baik unitlink tsb aku cairin buat nambah uang muka rumah. Kalo nggak, mungkin kerugian-ku bisa lebih dari 4 juta kali yah? Tapi sebenernya agak nyesel juga, karena cita2 investasi jadi gagal.

Dan setelah lama vakum, baru mulai tahun ini (2011) aku mulai tertarik lagi masuk ke reksadana. Banyak yg bertanya, ‘kira2 kalo masuk sekarang, apa harga ngga ketinggian yah?’ Aku ingat, waktu itu IHSG ada di kisaran 3500-an.

Nah, karena dasar reksadana ku adalah reksadana saham.. mau ngga mau musti ngeliatin IHSG terus. Kalo pas naik .. senyum2, tapi kalo pas turun yah cemberut lagi🙂 Jadi keinget bahwa tujuan awal adalah buat investasi buat dana pensiun entar.. jadi IHSG turun yah hajar terus dengan top-up. Lumayan dapet tambahan unit di NAB yang rendah.

Dan sekarang, apakah IHSG bakal tembus 4000? Kalau mungkin ada yg tertarik bisa main ke link ini: http://ichart.finance.yahoo.com/b?s=^JKSE .. jangan kawatir, bukan jebakan betmen kok🙂

Mungkin ada teman2 yg keinget juga bahwa, di bulan2 Mei – Juni, IHSG naik turun di 3700 – 3800. Seakan2 sulit untuk bisa naik lagi. Ada yg nanya apakah harga 3800 itu potensi bubble (harga-nya ketinggian/ngga wajar).. tapi banyak yg meng-analisa bahwa secara fundamental perekonomian memang lagi bagus sehingga prediksi akhir tahun bahkan bisa di atas 4000.

Masalahnya angka 4000 ini jadi angka keramat nih. Namanya ‘keramat’ .. secara psikologis, tentu bakal disikapin berbeda .. agak takut2 apakah ini akan menjadi bubble lagi dan IHSG malah terkoreksi sampai di bawah 3700.

Tapi buktinya saat aku nulis ini.. IHSG sudah membentuk riak2 kecil di kisaran 4000. So, again apakah ini saat-nya IHSG breaktrough the barrier of 4000???

We’ll see🙂

  1. July 21, 2011 at 12:16 pm

    mudah mudahan saja tidak menjadi bubble, dan dengan kenaikan IHSG ini seharusnya juga tingkat investasi Negara ini sudah sangat tinggi

  1. September 24, 2011 at 6:03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: