Home > Android, Tips > Swype in Journey

Swype in Journey

Swype ImageWaktu pertama2 menggunakan Android Nexian Journey (Juned), saya merasa sedikit kewalahan saat mengetik dengan virtual keyboard-nya. Mungkin karena ukuran layar-nya yang kecil, 320 x 480 (3.2 inch) — di mana keyboard Qwerty dijejalin di layar hape ini. Walhasil, untuk sekedar membalas SMS aja butuh waktu lumayan lama. Kalo sudah gini, pasti diledekin sama istri yg sudah lincah memakai BB🙂

Setelah beberapa lama bermain2 dengan Android dan aplikasi-nya, barulah saya mengenal metode input karakter yg (menurut saya) baru: Swype. Cari di Android market, instal .. beress. Masuk ke menu Setting > Language & Keyboard .. lalu aktifkan Swype dengan check (mencentang) box yg ada di setting. Selesai? Belum. Karena ternyata setelah saya coba untuk mengetik SMS, ternyata fitur Swype tsb tidak jalan.

Apakah ini salah satu ‘kegagalan’ aplikasi di Android? Saya bilang kegagalan, karena menurut saya jelek-nya Android itu.. meskipun kita bisa temukan banyak sekali aplikasi, tapi tidak semua bisa dijalankan di hape kita — termasuk hape saya si Juned. Istilahnya ngga kompatibel.

Sebagai catatan, si Juned sudah saya root upgrade dari aslinya Donut 1.6 menjadi Eclair 2.1 dengan ROM CMLeclair 1.3. Kalo mau tahu lebih lanjut tentang upgrade dan root (hack) bisa maen2 ke kaskus.

Nah cerita ini ada hubungannya dengan kegagalan yang sama saat saya meng-instal game GT Racing – Motor Academy .. di mana sebagian besar pemakai mengalami problem yg sama: stuck (macet) saat diminta untuk membuat profile. Karena saya termasuk game mania, saya cari2 dengan gugling problem yg sama. Jawabannya adalah (mohon disimak baik2🙂 ) .. untuk membuat atau memasukkan profile di GT Racing kita harus menggunakan keyboard asli punya-nya Android. Untuk kasus-nya Juned dengan CMLEclair 1.3, paket keyboard yang terinstal dan digunakan secara default adalah TouchPal.

Untuk mengganti ke keyboard Android asli caranya mudah. Saat kita mau ngetik, entah itu nulis SMS atau lainnya .. kita TAP+Hold (tekan dan tahan) di field / kotak isian text nya. Nanti akan muncul box baru yaitu Input Method. Disini kita bisa memilih mau menggunakan keyboard TouchPal, Android (asli) atau Swype yang tadi saya instal. Untuk masalah stuck di profile GT Racing.. pilih keyboard Android. Nah, kalau mau nyoba yang baru niih.. pilih Swype.

Swype-methodPake Swype asyik juga! Sebagai gantinya menekan tombol satu2, kita bisa meng-swype (menggeserkan jari kita di layar hape) kata yg kita inginkan. Misalnya untuk kata ‘halo’ .. mulai dari huruf ‘h’ kita swype jari kita ke huruf ‘a’ , ‘l’, ‘o’. Nanti akan muncul semacam ‘jejak’ yang menunjukkan pola swype yang telah kita buat. Kalau misalnya ada lebih dari satu kata yang punya jejak swype yg sama, akan muncul pilihan kata apa yang sebenarnya ingin kita masukkan. Tapiii.. berhubung Swype ini menggunakan kosakata bhs inggris, mau ngga mau kita musti ‘mengajari’ satu persatu kata2 dalam bhs Indonesia yang nantinya akan direkam oleh Swype.

Agak sulit kalo dijelaskan dengan kata2, pokoknya dengan Swype udah ngga malu lagi kalo musti adu cepet ngetik sama BB🙂

Categories: Android, Tips Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: