Home > Motivation, Motor, My Life > Perjalanan Menemukan Tutup Busi

Perjalanan Menemukan Tutup Busi

Even the smallest thing, can be a blessing in disguise

Ah! siapa yang ngga kesel kalo rencana yang sudah disusun, tiba2 jadi berantakan. Apalagi kalo penyebabnya hal yang sepele, karena hujan misalnya.. rencana jalan2 ke Serpong, melihat2 rumah jadi gagal.

Maklum, sampai skrg kendaraan roda 2, Honda Grand 95 ku .. masih jadi satu2nya pilihan untuk bepergian. Jadi kalo naik motor gini, istilahnya kalo hujan kehujanan .. panas kepanasan.

Harusnya melihat hujan rintik2 berduaan gitu romantis yah .. tapi istri jadi cemberut. Pasalnya dia emang udah wanti2, melihat mendung yang mulai bergelayut di atas sana. Aku pikir tadinya masih sempet barang 1 jam-an untuk jalan sebelum hujan. Eh, lha kok hujan dengan ‘genit-nya’ turun .. pas lagi tengah perjalanan pulak. Jadilah kita menepi untuk berteduh di pinggir jalan, menunggu hujan reda.

Seperti biasa kalo sudah hujan gini, kekhawatiranku bertambah satu: motor-ku sudah pasti bakalan ‘mabok’ alias tersendat2. Boro2 bisa jalan, distarter aja sulit.

Lirik ke kanan-kiri, ada bengkel di samping tempat aku berteduh. Daripada ribet bongkar2 sendiri (alias males), aku bawa motorku ke bengkel tsb.

“Pak, tolong lihatin dong .. kok motor saya ga mau di starter nih abis kena hujan”

Sebenarnya aku udah tahu penyakitnya paling busi-nya basah. Jadi harapanku sih, bisa di bongkar sebentar trus dikeringin pake pompa angin (apa tuh namanya?). Mulailah si bapak membongkar tutup busi.

“Mas, ini tutup businya udah rusak di ganti aja yah?”

“Apanya yang rusak pak?”

“Ini lho, karet ‘seal’ nya udah ancur .. jadinya busi ngga ketutup sempurna”

Terus si bapak mengambil tutup busi yang baru, dengan karet ‘seal’ yang lebih bagus. Harganya pun murah, cuman 15 ribu.

Selesai dipasang, aku putuskan untuk pulang ke rumah aja.. berhubung badan udah setengah basah. Sepanjang perjalanan, alhamdulillah terbukti tutup busi yg baru tsb bisa mengatasi semua genangan air, bahkan cipratan dari mobil2 yg lewat🙂

Sampai di rumah, istriku nanya: “Tumben motornya ngga mogok2 lagi. Biasanya kena ujan dikit dah mogok”

“Ya iyalah, kan aku barusan ganti tutup busi .. yg lama udah ancur karet seal-nya”

“Berarti ada hikmahnya juga ya, ujan2 tadi. Paling ngga dapet tutup busi baru, dan motormu dah ga mogok-an lagi”

Aku pikir2 iya juga yah .. sebenarnya tutup busi itu hal yg sepele. Di semua bengkel motor pasti ada, ngga perlu jauh2 ke Serpong. Cuman memang Tuhan menciptakan kesempatan yang memaksa aku, untuk memperhatikan hal sepele tsb, dengan bantuan si bapak tukang bengkel di Serpong.

Bener2 deh .. perjalanan tadi merupakan perjalanan untuk ‘menemukan’ tutup busi🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: