Home > My Life > Lampu masih merah, kok jalan terus?

Lampu masih merah, kok jalan terus?

Berkali melewati rute yang sama setiap berangkat dan pulang kerja: Metro Pondok Indah – Margaguna – Haji Nawi, di kawasan Jakarta Selatan. Setelah sekian lama, kurang lebih 1 tahunan, aku baru nyadar kesalahan yang kulakukan di jalan.

Buat teman2 yang pernah melewati jalan yang sama, mungkin pernah memperhatikan. Kalo kita jalan dari Lebak Bulus, lewat Metro Pondok Indah ke arah Pondok Indah Mall .. kita akan bertemu dengan perempatan gede + lampu merah (traffic-light). Nah, di posisi tsb kita bisa melihat ada 2 lampu yang menunjukkan arah lurus dan arah belok kanan.

Saat berganti dari merah ke hijau, lampu arah lurus sudah menyala hijau duluan .. baru sekitar 1 menit kemudian lampu belok kanan berganti merah ke hijau. Kalau kita taat peraturan lalu lintas, semestinya ga boleh dong, belok kanan selama lampu masih merah, betul?

Kenyataannya, saat lampu arah lurus sudah hijau (sementara lampu belok kanan masih merah) para pengendara mobil/motor sudah bersiap2 jalan. Dan kalau pengendara yg berada di baris terdepan ngga segera jalan.. sudah pasti yg di blkg bakal meraung2 membunyikan klaksonnya keras2. Bingung kan, tetep nunggu lampu ijo, atau jalan aja?

Padahal .. bahayanya nih, pada saat lampu belok kanan tadi masih merah, dari arah berlawanan lampu arah lurus-nya masih ijo. Bisa tabrakan dong? Yups, beberapa kali sempat ada 1-2 kendaraan dari arah berlawanan tadi ngotot jalan terus, meski yang dari Metro Pondok Indah sudah belok ke kanan. Ya iyyalaah, kalo ngikut lampu, mestinya mereka yg bener.

*Eh, tapi ternyata di atas lampu ada rambu-nya tuh. Sayangnya belum sempat merhatiin apa bunyinya. Tapi kira2 kebaca ngga yah, secara posisi rambu-nya tinggi banget?

Heran deh, kenapa ngga bisa bikin peraturan yang jelas dan bisa dipahami orang, gitu? Tapi aku lebih heran lagi.. ngga motor, ngga mobil semuanya pada ngga sabaran.

Padahal lebih lambat 1-2 menit, ngga bakal kiamat kan dunia?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: