Home > Motivation > Kick Andy keluar dari Metro TV?

Kick Andy keluar dari Metro TV?

Berita ini mungkin agak terlambat saya dengar. Terus terang saya adalah salah satu penggemar Kick Andy. Bagi saya, acara tersebut merupakan sumber inspirasi, sumber penggerak dan pemberi nafas dalam hidup. Selalu ada hal2 yang bisa menunjukkan, betapa pentingnya untuk bersyukur, betapa sempitnya pikiran saya untuk menghakimi diri sendiri dengan segala kondisinya: baik ataupun buruk.

Dan seperti yang dikatakan Andy, dunia ini memang tidak sesempit apa yg dibayangkan. Karirnya di Metro TV yang begitu ‘mantap’, tidak cukup menahan hasrat dalam hatinya. Keinginan untuk terus mengembangkan diri, dan meninggalkan ‘zona nyaman’.

Terlepas dari fakta sebenarnya, dibalik keluarnya Andy, saya lebih tertarik dengan pemikiran kita tentang zona nyaman (comfort-zone).

Saya sendiri, pernah mengalami masa2 dimana saya harus membuat keputusan berat tentang karir. Di satu sisi, saya telah memiliki karir dengan prospek yang ‘lumayan cerah’ .. di sisi lain sebuah kesempatan datang untuk mewujudkan impian saya.

Impian (dream), kata orang merupakan ‘nafas’ kehidupan. Ketika kita berada dalam kegelapan, dan semua ‘lilin’ yang menerangi telah padam .. hanya ada satu lilin yang HARUS senantiasa kita jaga agar tidak padam. Lilin itu adalah lilin ‘harapan’ (hope) .. dan saya menyebutnya lilin ‘impian’.

Dan apapun impian yang kita miliki, tentunya kita ingin mencapainya. Saya ingin mewujudkan impian2 saya, sebelum tiba saatnya untuk ‘duduk di beranda rumah dan menyaksikan matahari terbenam’🙂

Pengejaran impian tsb, juga berimplikasi bahwa saya harus meninggalkan zona nyaman saya. Ada satu kejadian konyol, dimana ketika saya harus berangkat untuk undangan interview dgn HRD .. saya meng-cancel-nya hanya karena perasaan ‘berat’ yang tiba2 menyerang. Padahal saat itu, tiket pesawat pulang-pergi sudah di genggaman dan saya sudah bersiap untuk berangkat, dengan mengambil penerbangan pagi (pukul 6.40). Dan sampai sekarang, saya pun masih terus berjuang untuk bisa menyesuaikan diri dengan kondisi baru dan berusaha melupakan rasa ‘kangen’ dengan semua kemapanan dan kenyamanan di masa lalu.

Berkaitan dengan ini semua, Anda mungkin pernah membaca sebuah buku berjudul Who Moved My Cheese. Ternyata .. buku ini juga yg menjadi inspirasi Andy keluar dari Metro TV🙂

Buku yang bagus, bercerita tentang dua ekor tikus bernama Sniff dan Scurry, dan dua ‘little-people’ bernama Hem dan Haw .. berburu untuk menemukan keju mereka. Keju di sini hanyalah sebuah metafora, sebuah kiasan untuk kenyamanan hidup yang kebanyakan dari kita mengira akan bertahan selama sisa umur hidup kita.

Tidak ada yg salah dengan pemikiran tersebut. Tapi bagaimana jika, suatu ketika .. entah bagaimana, ‘keju’ tersebut hilang? Apa reaksi kita menemukan kenyataan seperti itu? Dan yang terpenting: apakah kita siap untuk ‘berburu’ untuk menemukan ‘keju’ yang lain lagi?

Hmm, it’s a very nice thought. Hanya saja jangan terburu2! Keputusan untuk berubah (keluar) sebenarnya hanya sebuah pilihan. Bisa jadi pilihan yg lain, yaitu untuk tetap tinggal di kondisi saat ini menyisakan banyak sekali tantangan dan peluang untuk mengembangkan diri.

Mampukah kita melihat peluang2 tersebut?

  1. September 15, 2008 at 7:24 pm

    Betul coi, kemampuan untuk melihat peluang itu ya harus kita kembangkan🙂

  2. September 20, 2008 at 12:28 am

    wadugh,..
    saia pengin kaya geetu..
    tapi belon kali yak,..
    masih blm rela meningalkan statusquo (bener ga seeh)

  3. October 5, 2008 at 3:22 pm

    Saya pernah dengar sebuah cerita. Katanya di Afrika ada satu suku yang sering berburu monyet. Tapi cara mereka berburu unik. Mereka tu naroh kacang di dalam sebuah pot. Trus ditaro buat jadi umpan. Nah begitu ada monyet dateng dan coba ngambil kacang itu, mereka langsung nangkep monyet itu. Karena kacangnya ditempel di dalem pot, jadi monyetnya ga bisa ngambil kacang itu. Tapi dia juga ga mau lepasin genggamannya. Sampai akhirnya monyet itu mati sama pembru-pemburu itu. Mungking terkadang kita bisa diibaratkan sebagai monyet itu. Kita terus menggenggam kacang (baca: bertahan di comfort zone) meskipun kita akan ‘mati’ di sana.

    Sekian dari saya. Terima kasih. Salam kenal

  4. wyd
    October 8, 2008 at 10:59 pm

    wah saya baru tahu sekarang kalau bang andy keluar dari metro.
    padahal saya suka banget acara itu.
    thx udah ngasih info

  5. October 10, 2008 at 3:11 pm

    oh iya buku itu memang keren mas.ternyata mas taufan senang baca2 buku ya..

  6. rika
    October 28, 2008 at 5:39 pm

    saya baru buka blog inih..
    mas…mo nanya2 dunx..
    untungnya buat blog itu apa c??
    trus ada blog yang nghasilin duit tu bener ga c??

  7. October 28, 2008 at 8:16 pm

    @Daniel:
    Sebaik2nya peluang, tetap kita ga bakal tahu apa yg terjadi ke depan .. ikutin kata hati aja, bro.

    @Petromax:
    Bener bro, kalo ga kuat mendingan jangan .. saya aja sering nyesel dg keputusan yg saya buat. Tapi ini kalo lagi feeling-down atau bad-mood.

    @Arnold:
    Salam kenal juga! Thx udah mampir di blog ini. Sebenarnya ngga ada yg salah dengan status quo. Selama kita merasa baik2 saja. Dan lebih baik kalo kita punya semacam ‘backup system’ .. ibarat pepatah: sedia payung, sebelum hujan. Keluar dari comfort-zone, hanya salah satu pilihan.

    @Wyd:
    Yah, yang saya heran katanya udah keluar, tapi di tivi kok masih sering ditayangkan? Mungkin ulangan-nya kali🙂

    @Askari Azikin:
    Yup, senang baca2 juga, terutama kalo lagi mood🙂

    @Rika:
    Untungnya buat blog itu .. kita jadi rajin nulis🙂 Kalo rika senang berbagi cerita dgn orang lain, blog bisa jadi media yg mengasyikkan (krn siapa pun bisa baca di internet). Kalo tulisannya bagus, kan lumayan kalo di komersil-kan (baca: jadi duit)?

  8. October 30, 2008 at 12:43 pm

    buku yang insprtif, harganya beraa yach?

  9. October 30, 2008 at 2:11 pm

    @arifr:
    Kebetulan saya baca yg udah berbentuk file di komputer. Halamannya ada 39 hlm. Jadi kayaknya ga mahal kali, yak🙂

  10. henny
    October 6, 2009 at 8:21 pm

    aduh… ada yang bisa bantu untuk hubungi kick andy? help me… thx

  11. January 3, 2014 at 6:56 am

    Hello to all, how is everything, I think every one is
    getting more from this website, and your viewqs are good
    in favor of new visitors.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: