Home > My Life > Marhabban ya Ramadhan!

Marhabban ya Ramadhan!

Selamat datang bulan Ramadhan! Bulan yang penuh kesucian. It’s a moment where all the Moslems got the privilege from Allah, to wash-away all their sins, and at the end be born again like a baby.

Ngga terasa, sudah setahun waktu berlalu. Seperti masih tertinggal kenangan Ramadhan tahun lalu dalam ingatan. Selalu ada yang istimewa dengan bulan ini. Mulai dari hal2 yang bersifat rohani seperti dilipatgandakannya pahala atas amalan kita, dibukakannya pintu Surga dan ditutupnya pintu Neraka, dikabulkannya semua permohonan yang kita pinta (termasuk permohonan taubat) dan puncaknya adalah malam Lailatul Qadr.

Hal2 istimewa lainnya, dari segi duniawi juga terasa. Umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh: tidak makan & minum utamanya, dari Subuh hingga Maghrib — yang dipercaya oleh kalangan kedokteran sebagai upaya untuk mengistirahatkan organ pencernaan, dari kerja kerasnya sepanjang tahun, sekaligus membersihkan tubuh dari penyerapan ‘racun’ makanan yang berlebihan, yang kita konsumsi selama di luar Ramadhan.

Momen Ramadhan, buat anak2 berarti satu — petasan dan kembang api. Yah, meski bisa dikatakan petasan & kembang api, bisa jadi gangguan (gimana ngga ganggu, lagi enak2 tidur tiba2 dikagetkan suara petasan) — namun buat anak2 petasan punya arti tersendiri. Seakan masa kecil tidak akan lengkap, kurang bahagia tanpa bermain petasan.

Saat2 menunggu buka puasa, adalah saat yang paling dinanti2. Apalagi kalau bukan menu berbuka yang istimewa: kolak pisang, es kolang-kaling, kacang hijau dan pisang goreng. Yah, makanan2 tsb memang khas Indonesia .. dan memang berpuasa di Indonesia punya kekhasan tersendiri yg ngga bisa dibandingkan dengan puasa di tempat lain.

Sholat Tarawih berjamaah di masjid, juga menjadi keistimewaan buat umat Islam. Herannya masjid2 tidak pernah seramai saat Tarawih di bulan Ramadhan. Hal ini bisa dimaklumi, karena semua orang berbahagia menyambut Ramadhan.. dan masjid adalah tempat yang paling tepat untuk berkumpul, dan berbagi kebahagiaan tersebut.

Alhamdulillah, atas rahmat Allah semata, kita semua dipertemukan kembali di bulan suci ini. Semoga, kebahagiaan tersebut dapat mendorong kita, untuk memanfaatkan momen istimewa ini dengan beramal sebaik2nya dan sebanyak2nya.

Selamat berpuasa Ramadhan!

Categories: My Life Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: