Home > Motivation > Susahnya cari kerja..

Susahnya cari kerja..

Jaman sekarang, cari kerja adalah perkara yang gampang2 susah. Gampang, buat mereka yang bernasib baik. Susah buat mereka yang sudah mencoba berbagai cara, tapi tidak juga membuahkan hasil.

Sebenarnya kalo mau bicara tentang “nasib baik” itu sendiri, bisa jadi panjang. Bisa2 saya bikin satu tulisan tersendiri. Intinya sih, kita tidak bisa hanya menyerahkan nasib baik kita kepada Tuhan, tanpa kita sendiri berusaha sebaik mungkin.

Salah satu yang bikin susah, adalah hal semacam ini. Apa yang ditulis di situ tentang rekruitasi dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang stock-trading, yang mencatut nama perusahaan lain (yang bisa jadi fiktif). Beberapa orang berpendapat, apa yang dilakukan perusahaan tersebut adalah penipuan, karena “janji” yang disebutkan dalam iklan lowongan bisa tidak sama dengan kenyataan. Beberapa yang lain berpendapat, seharusnya calon karyawan mampu menilai, apakah pekerjaan yang ditawarkan sudah sesuai dengan kemampuan dia.

Pengaruh yang dirasakan juga bermacam2. Buat calon pegawai, mereka merasa khawatir jangan2 setiap kali dipanggil tes kerja akan berujung hal yg sama dgn di atas. Buat perusahaan yang sama bidangnya (stock-trading), imbasnya adalah kesan negatif yang mulai timbul dari masyarakat tentang perusahaan sejenis — apakah bisa dipercaya atau tidak. Misal, seseorang yang akan berinvestasi di saham, tentunya pengalaman pahit karena ketidakbecusan perusahaan stock-broker dalam mengelola dana mereka, akan terulang menjadi semacam paranoia terhadap perusahaan stock-broker lain, yang sebenarnya punya kredibilitas bagus. Yah, meskipun seorang investor harus selalu ingat hukum utama investasi: high risk, high gain — tetapi “risk” itu sendiri harus mampu dikelola dengan baik oleh perusahaan stock-broker sebagai pemegang amanat dari klien (nvestor).

Kasus di atas, hanyalah satu contoh dari praktek penipuan lain yang banyak terjadi, dengan modus yang berbeda.

Contoh lain yang dialami oleh kerabat saya: ketika dia mengikuti tes seleksi sebuah perusahaan, dia diminta biaya tertentu untuk administrasi, tes psikologi, dll. Bahkan yang lucunya, sempat ditawari pekerjaan — dengan kondisi langsung bekerja minggu depannya — tapi dia harus mengikuti semacam training internal untuk meningkatkan skill-nya. Biayanya ga murah lho (500 ribuan) dan harus dibayar di muka, alias tidak bisa pake sistem potong gaji.

Lalu dimanakah perlindungan buat mereka: para pencari kerja?

Makanya saya sarankan, kalo ada panggilan kerja atau lowongan — selidiki dulu profil perusahaan yang memanggil anda. Mulai dari alamat, lokasi kerja, perusahaan atau orang yang menjadi kustomer mereka, prestasi yang pernah diraih, dll. Cari info sebanyak2nya, terutama dari internet.

Kalau misal anda sudah terlanjur “tercebur” di perusahaan yang menurut anda “ngga bener”.. cobalah untuk mencari hal2 positif yang bisa didapatkan. Contohnya, kembali ke kasus di atas, si pegawai akhirnya bisa belajar hal2 seputar stock-trading yang mungkin baru buat dia. Siapa tahu ilmu tersebut bermanfaat, untuk bekerja di perusahaan lain?

Buat para pencari kerja.. bersabarlah! Teruslah berusaha, karena “pintu” itu akan terbuka buat anda yang mau terus berusaha.

Categories: Motivation Tags: , ,
  1. jordanesque
    July 17, 2008 at 7:18 pm

    Mencari kerja bagi saya adalah sebuah petulangan sekaligus sebuah ujian. Petualangan karena banyak rintangan yang harus dihadapi, mulai dari mempersiapkan berkas2 lamaran sampai rintangan sebenarnya, para jobseeker yang lain. Walaupun senasib dan sedoa (sama2 pengen diterima) toh akhirnya ada yang harus tersingkir. Di situlah muncul ujian yang saya maksud. Ujian yang menuntut kita penuh keikhlasan dan kesabaran dalam menerimanya🙂

  2. July 18, 2008 at 2:55 pm

    @Jordanesque:
    Betul, mas mencari kerja adalah proses berliku yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain. Saya cuman kasihan, dengan orang2 yang tertipu dengan perusahaan2 semacam itu. Hari ini maen2 ke blog-nya ryosaeba, ketemu artikel ini: http://ryosaeba.wordpress.com/2007/11/03/graha-finesa-dibekukan

    Btw, thanx atas ‘petunjuk’ untuk masang Feedburner di WP🙂

  3. 5ideincome
    August 18, 2008 at 4:48 pm

    Setuju..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: