Home > Motivation > The Butterfly Effect

The Butterfly Effect

Entah darimana tiba2 di kepala terngiang kata2: The Butterfly Effect. Hari ini saya luangkan waktu untuk browsing artikel di internet. Hasilnya cukup luar biasa. Teori ini dikemukakan pertama kali oleh meteorologis bernama Edward Lorenz (1963)

“Does the flap of butterfly’s wing in Brazil, set off the Tornado in Texas?”. Apakah (bisa) kepakan sayap kupu2 di Brazil, menimbulkan tornado di Texas?

How could this be possible? Cerita dikit2 ah.. tentang sains, gapapa kan? Biar kita semua ngerti landasan ilmiah dari teori yang cukup menarik ini.

Suatu hari di tahun 1960, Pak Lorenz ngerjain tugasnya, membuat ramalan cuaca. Dalam pekerjaannya itu beliau menggunakan komputer, berisi program yang memiliki 12 persamaan untuk membentuk model matematis prakiraan cuaca. Kemudian tahun 1961, dia menggunakan komputernya untuk keperluan yang sama. Karena untuk menjalankan program ini butuh waktu lama, dan Pak Lorenz ga mau capek2 nunggu, dia mengerjakan proses itu dari tengah2. Data2nya diambil dari kerjaanya yang lama, yang waktu itu menunjukkan angka 0.506. Nah, ini dia kesalahan yang tidak disengaja dibuat oleh beliau. Angka 0.506 itu adalah yang tercetak di kertas, dimana untuk tujuan penghematan kertas, dibatasi sampai 3 digit di belakang koma. Angka sebenarnya adalah 0.506127.. ngga jauh beda kan.

Tapi hasilnya ternyata.. beda jauhhh!!

Hal inilah yang melatarbelakangi teori butterfly effect, dimana perbedaan yang demikian kecilnya laksana kepakan sayap kupu2, ternyata dapat menyebabkan efek tornado yang dahsyat.

“The flapping of a single butterfly’s wing today produces a tiny change in the state of the atmosphere. Over a period of time, what the atmosphere actually does diverges from what it would have done. So, in a month’s time, a tornado that would have devastated the Indonesian coast doesn’t happen. Or maybe one that wasn’t going to happen, does.” (Ian Stewart, Does God Play Dice? The Mathematics of Chaos, pg. 141)

Lebih menarik lagi kalo masalah ini dikaitkan dengan waktu. Terciptalah film2 Holywood, seperti The Butterfly Effect yang dibintangi Ashton Kutcher, yang menceritakan seseorang yang mampu mengulang kembali bagian2 dari kehidupan masa lalunya. Saya sendiri tidak tahu, apabila diberi kesempatan semacam itu apakah akan saya ambil atau tidak. Karena satu hal yang mesti disadari, apapun pilihan yang kita ambil dalam hidup selalu ada konsekuensi yang musti ditanggung, bahkan seandainya hal tersebut bukanlah hal yang kita inginkan.

Saya jadi teringat akan ayat2 Allah dalam Al-Quran yang mengatakan bahwa amalan manusia walaupun sekecil biji zahra tetap akan mendapat balasan yang setimpal di akhirat kelak. Hal ini sejalan dengan teori butterfly effect, bahwa amal sekecil apapun, kalau itu berupa kebaikan insyaAllah akan membawa kebaikan bahkan mungkin pengaruhnya akan menjadi sedemikian besarnya di luar perhitungan kita. Demikian sebaliknya.

Oleh karenanya, mumpung bulan puasa, patut jadi bahan renungan buat kita untuk tidak menyia-nyiakan hidup. Karena mungkin tidak pernah terpikir, bahwa amal yang kita lakukan akan membawa pengaruh seperti apa dalam kehidupan kita ataupun kehidupan orang lain. Dan langkah kecil yang kita ambil saat ini, akan membawa kita kemana kelak. Semuanya itu perlu kita niatkan yang lurus, yaitu untuk mencari ridho Allah. InsyaAllah, kitapun akan memperoleh kebaikan pula.

Categories: Motivation Tags:
  1. pay
    October 15, 2008 at 4:33 pm

    ada yg tau tentang teori hologram….????

  2. March 17, 2010 at 3:39 pm

    Inspiratif, saya sangat tertarik teori ini,perbuatan sekecil apapun di dasari niat ikhlas bisa berdampak sistemik.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: